Senin, 10 Januari 2011

Pertentangan Sosial dan Intergrasi Masyarakat


Pada kali ini saya akan membahas sedikit tentang sebuah Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyarakat dalam kehidupan bersosialisasi ini.
Pastinya kita semua tahu apa itu arti dari kata "Sosial", Sosial adalah keadaan dimana terdapat kehadiran orang lain. Jadi setiap manusia sangat membutuhkan sesamanya dalam menjalankan kehidupan. Tapi dalam bersosialisasi dengan orang lain tidaklah selalu menghasilkan hal positif ada juga hal-hal negatif dari persosialisasian itu, sebagai contoh : saat salah seorang membutuhkan bantu orang lain pastinya ada yang ingin membantu dan ada juga yang tidak. itulah mengapa saya katakan demikian. Pertentangan Sosial dalam kehidupan bukanlah hal yang tidak biasa, itu hal yang wajar karena setiap manusia itu memiliki pendapat atau keinginan sendiri, tidak bisa dipaksakan untuk menjadi sama dengan orang lain. Terkadang Pertentangan Sosial ini muncul karena adanya sebuah ketidak adilan dari sebuah keputusan, sehingga tak jarang dari mereka yang tak puas dengan hasil tersebut marah dan bahkan sampai berbuat anarki.


beberapa contoh yang saya dapat dari Pertentangan Sosial
1. Tindakan anarki suporter pemain sepak bola indonesia (tidak disebutkan suporternya) karena tim kesayangannya kalah mereka menyalahkan wasit karena tidak becus memimpin pertandingan.

2. Tawuran pelajar, ini adalah hal yang sangat tidak baik dalam dunia pendidikan. dikarenakan bersenggolan di dalam anggkot (kendaraan umum) mereka langsung hilang kendali dan tidak terima tindakan tersebut, maka mereka menyelesaikannya dengan tindakan keras.

Itu adalah hal yang saya lihat langsung dan nyata terjadi, bukan hanya dalam kehidupan di masyarakat saja terjadi Pertentangan Sosial, dalam pemerintahan juga terjadi hal tesebut. Jika hal ini terjadi bukan hanya 1 atau 2 orang yang menjadi rugi, tapi banyak.

Konflik bukan sesuatu yang hanya bisa di selesaikan dengan cara kekerasan, konflik dapat juga kita selesaikan dengan cara yang damai, ya, mungkin cara tersebut bukanlah sesuatu yang mudah bagi orang yang sangat dirugikan, tapi akan lebih baik apabila suatu konflik dapat diselesaikan dengan damai, sehingga tidak merambat dan menjadi besar konflik tersebut.

Terdapat beberapa cara dalam menyelesaikan suatu masalah atau konflik tersebut, yaitu dengan cara :

  1. Elimination; yaitu pengunduran diri salah satu pihak yang telibat dalam konflik yagn diungkapkan dengan : kami mengalah, kami mendongkol, kami keluar, kami membentuk kelompok kami sendiri
  2. ubjugation atau domination, artinya orang atau pihak yang mempunyai kekuatan terbesar dapat memaksa orang atau pihak lain untuk mentaatinya
  3. Mjority Rule artinya suara terbanyak yang ditentukan dengan voting akan menentukan keputusan, tanpa mempertimbangkan argumentasi.
  4. Minority Consent; artinya kelompok mayoritas yang memenangkan, namun kelompok minoritas tidak merasa dikalahkan dan menerima keputusan serta sepakan untuk melakukan kegiatan bersama
  5. Compromise; artinya kedua atau semua sub kelompok yang telibat dalam konflik berusaha mencari dan mendapatkan jalan tengah
  6. Integration; artinya pendapat-pendapat yang bertentangan didiskusikan, dipertimbangkan dan ditelaah kembali sampai kelompok mencapai suatu keputusan yang memuaskan bagi semua pihak.
Ada Konflik pastinya ada solusi yang dapat menyelesaikan konflik tersebut. Integrasi berasal dari bahasa inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau keseluruhan. integrasi sosial dimaknai sebagai proses penyesuaian di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi. Jadi singkatnya Integrasi adalah sebuah keadaan dimana terdapat sesamaan dalam suatu keadaan. Jadi secara fungsi Integrasi bertugas untuk membuat sebuah ketidak sepakatan ditelaah kembali sehingga mendapat satu keputusan yang disetujui semua pihak.

Definisi lain mengenai integrasi adalah suatu keadaan di mana kelompok-kelompok etnik beradaptasi dan bersikap komformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat, namun masih tetap mempertahankan kebudayaan mereka masing-masing. Integrasi memiliki 2 pengertian, yaitu :
  • Pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan sosial dalam suatu sistem sosial tertentu
  • Membuat suatu keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu

Sedangkan yang disebut integrasi sosial adalah jika yang dikendalikan, disatukan, atau dikaitkan satu sama lain itu adalah unsur-unsur sosial atau kemasyarakatan.

Suatu integrasi sosial di perlukan agar masyarakat tidak bubar meskipun menghadapi berbagai tantangan, baik merupa tantangan fisik maupun konflik yang terjadi secara sosial budaya.

Menurut pandangan para penganut fungsionalisme struktur sistem sosial senantiasa terintegrasi di atas dua landasan berikut :

  • Suatu masyarakat senantiasa terintegrasi di atas tumbuhnya konsensus (kesepakatan) di antara sebagian besar anggota masyarakat tentang nilai-nilai kemasyarakatan yang bersifat fundamental (mendasar)
  • Masyarakat terintegrasi karena berbagai anggota masyarakat sekaligus menjadi anggota dari berbagai kesatuan sosial (cross-cutting affiliation). Setiap konflik yang terjadi di antara kesatuan sosial dengan kesatuan sosial lainnya akan segera dinetralkan oleh adanya loyalitas ganda (cross-cutting loyalities) dari anggota masyarakat terhadap berbagai kesatuan sosial.

Penganut konflik berpendapat bahwa masyarakat terintegtrasi atas paksaan dan karena adanya saling ketergantungan di antara berbagai kelompok.

Integrasi sosial akan terbentuk apabila sebagian besar masyarakat memiliki kesepakatan tentang batas-batas teritorial, nilai-nilai, norma-norma, dan pranata-pranata sosial.


Pesan :

Perlu kita ketahui Pertentangan Sosial tidak akan pernah bisa kita hindari baik saya maupun kalian, itu dikarenakan kita manusia yang memiliki pemikiran yang berbeda-beda, tetapi tidak semua Pertentangan itu tidak dapat diselesaikan dengan damai. Indonesia memiliki semboyan "Bhineka Tunggal Ika". Jadi "Stop Kekerasan".


Terima kasih kepada :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Integrasi_sosial
  • http://definisi.net/story.php?title=sosial
  • http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/12/pertentangan-sosial-dan-integrasi-masyarakat/
  • http://www.octianaeni.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar